Senin, 01 April 2019

#PasarMerakyat : Uniknya Pasar Senthir Jogja


Suasana Pasar Senthir yang Mulai Ramai Pembeli

Siapa yang tidak kenal dengan sebutan  kota pelajar di Negara yang berkode +62 ini..?
Yaa.. Kota Yogyakarta di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Kalau berbicara mengenai kota ini mungkin akan sangat-sangat buaaaaanyak informasi mengenainya di  search engine “Google”. Begitulah ya namanya juga kota terkenal selain Jakarta dan Bali, tentu banyak artikel yang sudah berseliweran di dunia maya untuk membahas keragaman isi Kota Gudeg ini.
Kota yang terkenal dengan Universitasnya yang jempolan di seluruh jagat raya Indonesia, terkenal dengan obyek wisatanya yang tak kalah tandingnya seperti di daerah lainnya. Terkenal dengan budayanya yang membudaya. Terkenal dengan kulinernya yang syedaaaap dan unik tiada tara. Etapi saya tidak ingin membahas hal-hal terkenal itu kali ini. Hehe. Saya berkisah tentang citarasa berbeda dari sisi tersembunyi yang ada di pusat keramaian Kota Jogja.
Apakah itu?
Jeng.. Jeng.. Jeng…
Pasar Senthir…
Ya, Pasar Senthir merupakan pasar barang bekas. Pasar ini sudah ada sejak puluhan tahun lalu, kenapa di sebut pasar senthir? Karena zaman dahulu kala para pedagang yang membuka lapak hanya mengandalkan senthir sebagai penerangan. Dalam bahasa Jawa, Senthir adalah alat untuk menerangi atau lampu kecil dengan bahan bakar minyak atau pelita, maka dari itu dinamakan Pasar Senthir. Nah, selain menyediakan barang-barang bekas seperti buku, majalah, kaset sepatu, baju, handphone, sepeda bekas, aneka onderdil motor, aneka barang elektronik dapur seperti blender, rice cooker, dan lain-lain juga ada.
Selain Menjual Barang-Barang di Pasar Senthir Juga Menyediakan Obat-Obatan
Jual Barang Kuno
Bahkan neh ya, khusus buat kamu penggemar barang lawas atau barang kuno, senthir lah tempat yang cocok buat kamu berhunting ria. Di pasar ini juga tak kalah menariknya dengan tempat yang menjual barang-barang lawas seperti di tempat lainnya karena pasar ini juga menyediakan barang lawas seperti uang kuno, helm langka, keris, juga ada minyak lintah hutan yang dapat mengobati berbagai penyakit dan sangat jarang di temukan di apotek ada di pasar senthir ini lo.
Pasar sentir memang mempunyai cerita tersendiri dalam mewarnai malam di kota pendidikan dan kota wisata ini karena berbagai macam barang kebutuhan ada di tempat ini. Mungkin yang lebih menjadi daya tariknya adalah rata-rata barang yang dijual super murah karena rata-rata barang bekas yang terkadang bagi kita menjadi tidak berguna dan sudah kita buang ke tong sampah, namun jadi keberkahan sendiri bagi para pedagang di pasar senthir.

Pasar yang terletak di jalan Pabringan Selatan, Ngupasan, Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55122 sangat mudah untuk di temukan. Jika bingung bisa saja kamu bertanya kepada tukang becak yang ada di Malioboro dengan menyebutkan Pasar Senthir. Mereka pasti sudah kenal tempat yang lawas ini dan jangan panik kalau kamu akan di arahkan ke tempat parkir yang ada di selatan Pasar Beringharjo. Karena yaa pasar senthir ini memang menggunakan halaman parkir. Atau kamu bisa mencari pasar ini mulai dari dari Pasar Bringharjo kemudian berbelok ke timur menuju ke jalan Pabringan, nah lokasi Pasar Senthir terletak di area parkir Pasar Beringharjo. Bisa juga kamu berjalan menuju Pasar Sore yang ada di jalan Malioboro nah, pasar Senthir ini ada di belakang Pasar Sore.
 
Tampak Depan Halaman Parkir Selatan Bringharjo Yang Dijadikan Lapak Pasar Senthir
Walaupun berada di halaman parkir, pasar ini juga menyediakan parkir motor buat kamu yang membawa kendaraan pribadi. Jadi jangan khawatir yaa jika mau ke sini untuk membawa kendaraan. Halaman parkir ini khusus untuk pengendara roda dua ya, kalau yang bawa mobil bisa parkir di luar halaman. Di jamin aman kok parkirannya karena sudah ada yang menjaganya.   
Pasar Senthir buka pada malam hari mulai pukul 19.00 – 24.00 WIB, itu pun jika malam cerah alias tidak hujan, namun jika hujan maka pasar tersebut tidak buka, karena pedagang hanya menggelar lapak-lapak tanpa tenda. Yaa, pasar ini hanya beratapkan langit dan beralaskan spanduk atau koran bekas sebagai alas duduk para pedagangnya. Di jamin kamu akan betah di sini dan tidak akan kepanasan selama hunting barang karena pasarnya tidak di dalam gedung yang sumpek. Pasar Senthir biasanya ramai pada pukul 19.00 – 22.00 WIB, setelah itu biasanya pedagang sudah mulai mengemasi dagangannya.
Parkir Motor Pasar Senthir

Uniknya
Ketika menjelang malam hari, halaman parkir selatan Bringharjo ini mendadak dipenuhi oleh para pedagang yang akan menjajalkan dagangnya. Pedagang yang membuka lapak di pasar senthir ini berasal dari berbagai elemen masyarakat di sekitar jogja. Nah, jika ada pedagang tentu saja ada pembeli. Pembeli yang ada di pasar senthir juga berasal dari berbagai elemen masyarakat. Ada ibu rumah tangga yag memang mencari barang dapur secara murah, ada anak-anak remaja yang mencari baju atau barang lainnya, mahasiswa, bahkan orang berpenghasilan lebih juga mau datang ke pasar senthir ini untuk berburu barang kuno. Bisa di bilang pasar ini adalah pasar merakyat. *dpm*
Berbagai Elemen Rakyat Berkumpul Jadi satu :)
   


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

With Kadin We Make and Love Local Pride From Indonesian

B erb icara soal kebudayaan Indonesia memang tidak akan ada habisnya dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kebudayaan dan ...