Rabu, 10 Oktober 2018

Sambal Udang Serai

Sambal udang serai ini merupakan makanan khas masyarakat Bakau, kecamatan Sungai Pinyuh, Kabupaten Mempawah, Kalimantan Barat. Makanan ini adalah makanan yang disajikan hanya pada saat hari besar umat muslim seperti Lebaran Idul Fitri, Lebaran Idul Adha, 1 Muharam dan hari besar lainnya.
Sambal ini biasanya dimakan bersama Bontong, semacam Lontong yang dibungkus dengan daun kelapa. Nah, ini saya share resep sambal udang serainya dulu yah karena saya sedang belajar bagaimana cara membuat bontongnya. hehehe. Saya mendapatkan resep sambal udang serai ini dari calon ibu mertua saya. selamat mencoba ya girls....

Bahan-Bahan
1 kg udang laut berukuran kecil (bunag kepala dan ekor saja)
40 batang serai (iris tipis)
10 siung bawang putih (haluskan)
5 sdm cabe kering dan cabe merah (cabenya dihaluskan seperti saos sambal)
2 sdm air asam jawa
1 sdm penyedap rasa (saya menggunakan Royco rasa sapi)
1 sdt gula pasir

Cara Memasak
1. Kelas udang terlebih dahulu hingga kering, agar saat dicampurkan dengan serai udangnya tidak basah. dan ini merupakan langkah yang penting ya moms. jika udangnya masih basah hasil akhirnya nanti akan tidak enak.
2. Serai yang sudah diiris tipis, ditumbuk halus kemudian diberi air untuk di ambil air serainya (air perasan serai jangan dibuang karena akan dicampur dengan bumbu nantinya), serai yang sudah di peras airnya di sangrai terlebih dahulu hingga kering.
3. Tumis terlebih dahulu bawang putih hingga harum lemudian masukkan saos sambal yang sudah disediakan terlebih dahulu. Aduk rata. Masukkan air asam jawa sedikit. Setelah itu masukkan penyedap rasa dan gula.
4. Setelah tumisan saos sambalnya harum, masukkan udang, aduk rata. biarkan udang menyerap bumbu sebentar kemudian masukkan air perasan serainya sedikit. Tumis hingga kering.
5. Sambal udang di masak hingga kering agar awet, sajikan bersama bontong/lontong. bisa juga dimakan bersama nasi panas. *dpm*    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

With Kadin We Make and Love Local Pride From Indonesian

B erb icara soal kebudayaan Indonesia memang tidak akan ada habisnya dari Sabang sampai Merauke. Setiap daerah memiliki kebudayaan dan ...